Hati - hati dengan fake login

Hati - hati dengan fake login. Fake Login adalah halaman palsu yang dibuat oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab (jangan selalu menuduh HACKER ya? lebih tepatnya kita sebut saja "orang - orang tidak bertanggung jawab") untuk mengelabuhi para peselancar internet agar masuk perangkap mereka (terutama kita yang awam atau pengetahuan tentang internet masih cetek), yang menjadi target orang - orang ini adalah username/email dan password sobat sekalian. Halaman fake login ini bisa diterapkan pada semua situs seperti contoh Facebook, Yahoo, Gmail, Twitter, Blogger, Wrodpress, dll. Halaman fake Login sangat mirip dengan aslinya, bisa dibilang Cloning walaupun ada juga yang tidak mirip. Untuk dapat mengetahui halaman asli dengan halaman fake login mudah saja, lihat saja url pada addres bar (biasanya di browser itu kotak panjang yang ada dibagian atas). Cara kerja fake login yaitu setelah user mengetik username/email dan password kemudian menekan login proses yang terjadi adalah mengirimkan username/email dan password tersebut ke file logs.txt dari sang pembuat fake login, jadi sang pembuat tinggal memanen username/email dan password dari user yang tertipu, dan sang pembuat fake login akan menggunakan username/email dan password tersebut sesuka hatinya.

Tips berhati-hati terhadap Fake Login adalah: 
  1. Perhatikan dengan benar url/ address website. Sebagai contoh Facebook linknya: http://www.facebook.com
  2. Jangan pernah membuka link atau bahasa pemograman (CSS, XTML, XML, atau HTML) yang aneh. Jika di klik, kemungkinan account kita akan memberikan username dan password kita.
  3. Pakailah virtual keyboard yang bisa diperoleh dengan mudah. Untuk Windows 7, hanya cukup klik ’start’ -> All Programs -> Accessories -> Ease of Access -> ‘On-Screen Keyboard.
  4. Jika url sudah benar tiba-tiba diminta login ulang, sebaiknya hati hati, karena kemungkinan halaman pe-login ulang tersebut adalah halaman palsu yang sengaja dirancang.
  5. Bila bermain di Warung Internet (Warnet), hindari check-list kotak “Remember me” pada saat login, karena hal itu dapat menyimpan username/email dan password di komputer tersebut.
  6. Jangan lupa menghapus cookies browser caranya bisa anda cari di om Google karna masing-masing browser beda.
Sekian dulu postingan tentang Hati - hati dengan fake login ini.. Semoga bermanfaat dan selalu WASPADA ya??

0 komentar:

Posting Komentar